1. PERADABAN LEMBAH SUNGAI INDUS.
"Peradaban Mohenjodaro-Harappa di India"

Berdasarkan hasil penggalian yang dilakukan oleh RD Bannerjidan Sir Jhon Marshall tahun 1922 di kota Mohenjodaro dan Harappa ditemukan antara lain:

  1. Dua buah patung yang coraknya berbeda yaitu: Patung laki-laki sebatas dada dan patung seorang penari  
  2. Terdapat bekas bangunan rumah bertingkat yang sudah beberapa kali mengalami kehancuran (6 – 7 lapis).
  3. Ditemukan meterai yang berfungsi sebagai hiasan keagamaan dan dianggap mempunyai kesaktian.
  4. Ditemukan patung Dewi Ibu/Dewi Kesuburan. 
  5. Bangsa yang mendiami daerah tersebut adalah suku DRAVIDA yang pada tahun 1500 SM diserbu oleh suku bangsa ARYA (Indo Jerman) sehingga suku asli terdesak ke Selatan yaitu dataran tinggi Dekhan. 
  6. Mengenal ajaran Karma Samsara

Teknologi yang dimiliki sangat tinggi yaitu telah membuat pakaian dari kapas, alat pertanian, alat rumah tangga, bangunan, dan membuat perhiasan dari emas, perak, batu, serta membuat senjata panah, tombak dan kapak. Kepercayaan bangsa Dravida berupa politheisme dengan memuja dewa langit, dewa bulan, dewa api, dewa air, dan dewa ibu sebagai dewi kesuburan.
  
2. PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING ( HWANGHO )

Kehidupan masyarakatnya bercocok tanam dengan memanfaatkan aliran sungai Kuning seperti: gandum, padi, jagung, Teh dan kedelai. Karena daerahnya yang subur menjadi pusat perhatian bangsa Asia Tengah (Mongol) sehingga berlaku hokum tantangan dan jawaban. Tantangannya yaitu : Bangsa-bangsa ganas di Asia Tengah selalu memusatkan perhatiannya pada lembah Sungai Kuning yang subur. Jawabannya:Karena serangan yang terus menerus maka kaisar China membangun tembok besar (The Great Wall Of China) panjangnya: 2000 mil, Lebar: 5 meter, dan tingginya: 11 meter. Pada masa pemerintahan Dinasti Chou hubungan antara daerah satu sama lain belum lancer sehingga tugas pengawasan di daerah diserahkan pada para bangsawan rendahan (Vazal). Untuk membalas kebaikan mereka maka kaisar memberikan pinjaman tanah yang pada akhirnya melahirkan sistem Feodal. Selain itu terdapat ajaran filsafat Kong Hu Chu yang pada prinsipnya adalah pembinaan kehidupan yang selaras dengan alam, keluarga dan leluhur. Ajaran ini lahir karena terjadi pertentangan antara para vazal dan manusia terlena dengan urusan keduaniaan. Juga lahir ajaran Taoisme oleh Lao-Tze yang mengatakan bahwa ada kekuatan gaib yang mengatur keadilan dan ketertiban di alam semesta yang disebut TAO. Keadilan dan ketenteraman akan tercapai apabila orang akan tunduk pada ajaran TAO.
      Peradaban ini diperkirakan ada sejak tahun 3000 SM. Bangsa Cina umumnya tinggal di Lembah Sungai Hoang Ho dan Yang Tse Kiang. Lembah Hoang Ho dan Yang Tse Kiang merupakan daerah yang subur dan dikembangkan pertanian dengan hasil gandum, padi, jagung, teh, kedelai dan murbai. Juga dihasilkan barang dari keramik dan sutra yang diperdagangkan sampai ke luar Cina. Selain pertanian dan perikanan, bangsa Cina juga mengembangkan peternakan yaitu memelihara ulat sutra, kuda, sapi, babi, kambing, dan sebagainya. Teknologi berkembang pesat di mana dapat dihasilkan perhiasan, alat rumah tangga, pisau, pedang, tombak, cangkul, dan sabit. Kepercayaan bangsa Cina bersifat politheisme atau memuja banyak dewa yang menguasai kekuatan alam, misal Dewa Feng Pa (Dewa Angin) dan Dewa Lei Shih (Dewa Topan). Selain itu juga, Dewa T’ai shan yaitu 4 dewayang menguasai bukit suci sebagai dewa yang tinggi.
       Bentuk pemerintahan Cina berupa kerajaan, di mana pada masa Dinasti Ch’in menganut asas desentralisasi. Wilayah negara dibagi atas 36 provinsi. Setiap provinsi dikepalai gubernur. Gubernur bertanggung jawab secara langsung kepada kaisar. Sedangkan pada masa Dinasti T’ang, pemerintahan menganut pola sentralisasi. Wilayah kerajaan dibagi atas 10 provinsi dan segala sesuatu diatur oleh pemerintah pusat.

3. PERADABAN LEMBAH SUNGAI TIGRIS DAN EUFRAT (MESOPOTAMIA)
"Peta Mesopotamia"

Wilayahnya sangat subur karena diapit oleh dua sungai besar yaitu Tigris dan Eufrat. Mata pencaharian penduduknya adalah pertanian (Kedelai dan jewawut), Peternakan (domba, lembu dsb) dan perdagangan (antara Laut Tengah, India, Asia Tengah, Teluk Persia dan Laut Merah ). Kepercayaan masyarakatnya Polytheisme, seperti: Dewa Air (Enki), Dewa langit (Anu), Dewa Bumi (Enlil), Dewa Api dan Dewa Kesuburan (Marduk). Khusus untuk Dewa Marduk dibuatkan patung wanita yang menggambarkan dewi kesuburan dan dibuatkan Ziggurat (bangunan dari tanah liat yang dibangun di atas gundukan tanah). Dalam bidang lain mereka mengenal:
"Ziggurat----Master Piece of Mesopotamia"

  • Tulisan Paku pada lempengan batu tentang UU Hammurabbi yang berisi 280 pasal UU Hammurabi (Codex Hammurabi).
  • Dalam bidang astronomi mengenal khatulistiwa dibagi menjadi 3600 mengenal bintang dan planet.
  • Mengenal sistem kalender berdasarkan perhitungan bulan.
  • Mengenal pembagian waktu (jam, menit, detik) dan menghitung dengan satuan 60-an (sixadesimal). Bangsa yang mendiami daerah ini adalah Bangsa Sumeria lalu di kalahkan oleh suku Amoria dari Indo Jerman dan mendirikan kerajaan Babylonia I dengan Raja Hammurabbi. Tahun 750 SM dikalahkan oleh bangsa Assyriadengan Raja Ashurbanipal. Tahun 612 SM bangsa Assyria dikalahkan oleh bangsa Kaldea yang membangun kerajaanBabylonia II dengan Raja Nebukadnezar. Tahun 536 SM menjadi rebutan bangsa Media dan Persia yang dimenangkan oleh Persia. Persia memerintah di atas wilayah Mesopotamia yang subur dengan raja pertama R Cyrus (550 SM) dilanjutkan oleh Darius Agung (521-485 SM).

4. PERADABAN LEMBAH SUNGAI NIL
"Spinx dan Piramid di Giza, Mesir"
 
Corak kehidupan masyarakatnya agraris dengan hasil utamanya adalah gandum dan kapas. Kepercayaan masyarakatnya adalah Polytheisme seperti Dewa RA (matahari), Dewa Bulan (Amon) lalu disatukan menjadi dewa AMONRA. Untuk memuja dewa ini dibuatkan Obelisk (Tugu batu runcing berbentuk segitiga yang dihiasi dengan tulisan gambar) juga percaya pada dewa Thot (pengetahuan), dewa Anubis (kematian), Osiris (pengadilan), Issis (dewa Sungai Nil), Dewa Apis berbentuk Sapi, Dewa Ibis berbentuk burung. Mereka juga percaya pada roh-roh leluhur yang akan mengubah bentuk pemakaman menjadi pengawetan mayat(MUMMIA) yang disimpan dalam Pyramida. Dalam Pyramida terdapat patung singa berkepala manusia (Sphinx). Dalam bidang lain , selain pengawetan mayat juga mengenal penguburan mayat dengan cara jongkok, mengenal tulisan gambar, mengenal ilmu perbintangan dan sistem kalender. Dalam bidang pemerintahan dipimpin oleh Fir’aun (Pharaos) yang dipuja sebagai Tuhan. Rakyat harus taat dalam membayar pajak dan wajib kerja untuk pengabdian terhadap Fir’aun. Namun pada akhirnya Fir’aun dianggap sebagai manusia biasa dan kepercayaan mereka monotheisme dengan dewa Matahari sebagai dewa yang tunggal.
     Sungai nil membawa pengaruh daerah sekitar menjadi subur karena bila banjir membawa lumpur. Hal ini mendasari pendapat sejarawan Yunani Herodotus menyebutkan Mesir sebagai hadiah Sungai Nil. Peradaban Mesir yang maju disebabkan adanya Sungai Nil yang selalu banjir setiap tahun. Raja dibantu oleh pejabat tinggi yaitu perdana menteri. Peradaban dibuktikan dengan bangunanan Mesir dapat dibuktikan dari bangunan Pyramida (kuburan raja Mesir), Mustaba (tempat penyimpanan mayat/ mummy), Sphinx (Patung berbadan singa dan berkepala manusia), Istana Gize Karmak luxor dan kuil agung di Abu sinbel. Bangsa Mesir mengenal tulisan Hierog Lyph tulisan berupa gambar, misal batu Rosetta dapat dibaca oleh Champolion pada tahun 1800 . Dengan tulisan Hieroglyph, bangsa Mesir menuliskan masalah agama, pemerintahan, ekonomi, dan sebagainya. Di bidang Astronomi, bangsa Mesir telah mengenal peredaran bumi, matahari, bintang, kalender 365 hari, dan ilmu perbintangan untuk keperluan pertanian.

5. PERADABAN ROMAWI KUNO
Colosseum - Roma

            Peradaban Romawi kuno tak bisa dilepaskan dari sejarah peradaban Yunani Kuno, karena bangsa Romawi ini adalah bangsa yang penjajah, dan banyak kebudayaanYunani Kuno yang diambil dengan proses adaptasi maupun adopsi. Namun, kita tidak bisa memungkiri bahwa bangsa Romawi adalah bangsa yang besar yang pernah menguasai lebih dari separuh benua Eropa bahkan kekuasaan sampai pada Asia, dan mengalahkan raja-raja di Asia maupun di Afrika.

Peradaban Romawi
Peradaban Romawi tumbuh dan berkembang di sebuah kota yang bernama Roma yang didirikan oleh  orang yang berkebangsaan Yunani bernama Remus dan Romulus. Kota Roma diperkiran berdiri sejak abad ke-7. Remus dan Romulus adalah dua saudara dari kerajaan Yunani yang melarikan diri dari perang troya.
Perkembangan peradaban Romawi dilakukan oleh suku Latia. Sebuah suku kebangsaan Eropa yang menempati wilayah yang dinamakan Latium. Latium merupakan sebuah lembah yang subur dan kaya dengan pengunungan yang hijau. Penduduk Latium kemudian menyebut mereka bangsa latin dan mengembangkan tulisan yang disebut huruf latin. Roma yang didirikan oleh bangsa Yunani tersebut menjadi pusat kebudayaan bangsa Latin. Roma mempunyai letak yang strategis yaitu terletak di lembah sungai Tiber.

Dewa-Dewa Romawi
Bangsa Romawi menganut paham politheisme, sama halnya sepertiYunani. Jenis dewanya pun hampir, sama hanya saja dengan nama yang berbeda. Kuil pemujaannya hampir sama, hanya seni arsitekturnya yang berbeda.
Contoh dari nama dewa-dewa Romawi adalah Jupiter sebagai pemimpin para dewa. Sedangkan di Yunani itu bernama Zeus. Veni dewi kecantikan sedang di Yunani bernama Aprodite, Mars dewa perang, sedangkan di Yunani bernama Ares, Neptunus dewa laut sedang di Yunani bernama Passedon. Dan yang menjadi ciri khas Romawi adalah dewa Apholo, dewa matahari, seorang dewa yang homoseksual.

Arsitektur Romawi
Bangsa romawi suka dengan hal-hal megah mewah dan menumental, salah satu peninggalannya yang paling berharga adalah Colosseum, yang sekarang bangunannnya ditiru menjadi stadion sepak bola. Colosseum adalah sebuah arena hiburan para raja untuk melihat pertunjukan gladiator atau ksatria Romawi yang akan beradu ketangkasan bersama hewan liar. 

6. PERADABAN YUNANI KUNO

             Peradaban Yunani kuno selalu menjadi topik menarik. Ini adalah negeri para dewa. Masyarakatnya mengalami peradaban yang maju sejak masa kuno. Sebagian besar ahli sejarah meyakini bahwa peradaban Yunani merupakan dasar dari perabadan Barat. Pengaruhnya yang tinggi terhadap Kekaisaran Romawi hingga meluas ke wilayah Eropa lainnya, membuat peradaban Yunani dipandang sebagai peradaban tertinggi di masa lalu.

Sistem Kepercayaan Masyarakat Yunani Kuno
Sistem kepercayaan masyarakat Yunani Kuno adalah memuja banyakdewa atau politeisme. Uniknya, mereka menggambarkan dewa-dewi yang disembahnya itu memiliki tubuh dan perilaku seperti manusia. Namun, mereka meyakini bahwa dewa-dewi memiliki tubuh lebih besar dan indahserta hidup abadi.
1. Filsafat
Peran Yunani dalam bidang yang satu ini tidak dapat terbantahkan. Filsuf besar, seperti Plato, Socrates, dan Aristoteles, menjadi bukti kemajuan Yunani dari segi falsafah. Para ahli pemikir ini telah mewariskan segudang ilmu kepada manusia generasi berikutnya, bahkan sampai saat ini.
2. Arsitektur
Di bidang arsitektur, masyarakat Yunani bisa dikatakan sangat maju. Bangsa Yunani telah melahirkan banyak seniman hebat yang menghasilkan karya-karya besar yang masih dikagumi hingga kini. Pada masa itu, mereka telah mengenal seni pahat tingkat tinggi dengan membuat karya patung para dewa, seperti patung Dewa Zeus, Dewi Athena, dan Venus de Millo.
3. Bidang Keilmuan
Dalam segi pengetahuan, kemajuan yang dicapai Yunani sangat tinggi. Negeri ini telah menghasilkan ilmuwan, seperti :
  • Phytagoras yang ahli dalam matematika,
  • Hipokrates yang disebut sebagai Bapak Kedokteran dan terkenal dengan sumbangannya berupa sumpah dokter,
  • Archimedes yang menemukan teori gravitasi dan benda mengapung,
4. Kesusastraan
Di bidang kesusastraan, Yunani melahirkan seorang sastrawanbesar sepanjang masa, yaitu Homerus yang terkenal dengan karyanyaIlliad dan Odyssea. Kedua karyanya ini memiliki kaitan dengan kejadian besar di Yunani, yaitu Perang Troya.