1. Pernyataan di bawah ini yang bukan manfaat mempelajari sosiologi adalah....
a. senantiasa mampu memahami perbedaan masyarakat
b. menjadi lebih tanggap dan kritis dalam menghadapi persoalan hidup
c. dapat melatih lebih jelas siapa diri kita dalam masyarakat
d. mendapatkan penghasilan yang cukup besar
e. membantu mengkaji tempat kita dalam masyarakat
Jawaban: d
2. Kriteria yang menentukan apakah suatu masalah dianggap sebagai masalah sosial atau bukan tergantung pada....
a. sumber masalah
b. akibatnya bagi ketertiban
c. tingkat kesejahteraan masyarakat
d. banyaknya anggota yang melakukan
e. nilai-nilai yang dianut masyarakat
Jawaban: a
3. Sosiologi berasal dari kata Latin socius dan kata Yunani Logos. Socious dalam pengertian sosiologi berarti....
a. sosial
b. kerabat
c. keluarga
d. kawan
e. kawan dan lawan
Jawaban: d
4. Berikut ini yang bukan sifat dan hakikat ilmu sosiologi adalah....
a. rumpun ilmu-imu sosial menyangkut gejala-gejala kemasyarakatan dan bersifat empiris
b. pengetahuan abstrak dan bukan konkret
c. pengetahuan empiris dan rasional
d. pengetahuan yang bersifat terapan
e. mempelajari gejala-gejala umum setiap interaksi masyarakat
Jawaban: d
5. Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara....
a. manusia dengan lingkungan
b. rakyat dengan penguasa
c. masyarakat dengan budayanya
d. kelas-kelas sosial di masyarakat
e. manusia dengan manusia atau kelompok
Jawaban: e
6. Berikut yang mendapat sebutan Bapak Sosiologi ialah....
a. Pitrim A. Sorokon
b. Auguste Comte
c. Herbert Spencer
d. Max Weber
e. Karl Marx
Jawaban: b
7. Berikut ini yang merupakan salah satu faktor utama yang mendorong lainnya ilmu sosiologi adalah....
a. hilangnya masyrakat agraris di Eropa
b. perubahan-perubahan pada masyarakat Eropaa. senantiasa mampu memahami perbedaan masyarakat
b. menjadi lebih tanggap dan kritis dalam menghadapi persoalan hidup
c. dapat melatih lebih jelas siapa diri kita dalam masyarakat
d. mendapatkan penghasilan yang cukup besar
e. membantu mengkaji tempat kita dalam masyarakat
Jawaban: d
2. Kriteria yang menentukan apakah suatu masalah dianggap sebagai masalah sosial atau bukan tergantung pada....
a. sumber masalah
b. akibatnya bagi ketertiban
c. tingkat kesejahteraan masyarakat
d. banyaknya anggota yang melakukan
e. nilai-nilai yang dianut masyarakat
Jawaban: a
3. Sosiologi berasal dari kata Latin socius dan kata Yunani Logos. Socious dalam pengertian sosiologi berarti....
a. sosial
b. kerabat
c. keluarga
d. kawan
e. kawan dan lawan
Jawaban: d
4. Berikut ini yang bukan sifat dan hakikat ilmu sosiologi adalah....
a. rumpun ilmu-imu sosial menyangkut gejala-gejala kemasyarakatan dan bersifat empiris
b. pengetahuan abstrak dan bukan konkret
c. pengetahuan empiris dan rasional
d. pengetahuan yang bersifat terapan
e. mempelajari gejala-gejala umum setiap interaksi masyarakat
Jawaban: d
5. Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara....
a. manusia dengan lingkungan
b. rakyat dengan penguasa
c. masyarakat dengan budayanya
d. kelas-kelas sosial di masyarakat
e. manusia dengan manusia atau kelompok
Jawaban: e
6. Berikut yang mendapat sebutan Bapak Sosiologi ialah....
a. Pitrim A. Sorokon
b. Auguste Comte
c. Herbert Spencer
d. Max Weber
e. Karl Marx
Jawaban: b
7. Berikut ini yang merupakan salah satu faktor utama yang mendorong lainnya ilmu sosiologi adalah....
a. hilangnya masyrakat agraris di Eropa
c. peperangan antarnegara Eropa
d. kekuatan Islam semakin kuat di Eropa
e. ilmu sosial lainnya gagal menyelesaikan masalah sosial
Jawaban: b
8. Perhatikan aspek-aspek sosial di bawah ini!
1) Struktur sosial
2) Organisasi sosial
3) Proses belajar
4) Problema sosial
5) Perubahan sosial
6) Pembangunan sosial
Menurut Selo Soemardjan, yang dipelajari oleh sosiologi adalah....
a. 1,2 dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 2, dan 5
e. 1, 3 dan 5
Jawaban: d
9. Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang terikat oleh suatu tata cara (sistem), kebiasaan, atau adat istiadat tertentu yang dianut oleh anggota-anggotanya, ini pendapat dari....
a. J.L. Gillian dan J.P. Gillian
b. Koentjaraningrat
c. Selo Soemardjan
d. Soelaiman Soemardi
e. Pitrim A. Sorokin
Jawaban: b
10. Berikut ini adalah masalah mengenai makhluk manusia, kecuali....
a. masalah perkembangan manusia
b. masalah terjadinya aneka warna makhluk
c. masalah sejarah asal usul
d. masalah sosial atau problema sosial
e. masalah persebaran dan terjadinya aneka warna kebudyaan
Jawaban: d
11. Sebagai ilmu pengetahuan yang objeknya masyarakat, sosiologi memiliki beberapa kegunaan sebagai berikut, kecuali....
a. perencanaan sosial
b. pembangunan
c. penelitiaan
d. perencanaan pembangunan
e. pemecahan masalah sosial
Jawaban: b
12. Teknik atau metode kualitatif menurut Soerjono Soekanto adalah metode....
a. historis, komparatif, dan fungsional
b. deduktif-induktif, empiris, dan rasional
c. komparatif, studi kasus, dan studi deduktif-induktif
d. fungsional, empiris, dan rasional
e. historis, komparatif, dan studi kasus
Jawaban: e
13. Berikut ini yang bukan merupakan contoh penelitian sosiologi yang menggunakan metode statistik adalah....
a. hubungan antara kenakalan remaja dengan faktor keluarga broken home
b. timbul kecelakaan kerja selama tahun 2000-2001
c. kenakalan remaja dewasa ini
d. Jumlah peserta KB di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta
e. faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan narkoba di kalangan remaja
Jawaban: a
14. Berikut ini yang merupakan masalah sosial adalah....
a. panen tidak berhasil karena banjir
b. jembatan yang dipenuhi warga tiba-tiba ambruk
c. tabrakan beruntun di jalan tol
d. penemuan baru yang menggemparkan dunia
e. jumlah rakyat miskin yang terus bertambah
Jawaban: e
15. Dalam mempelajari masalah di masyarakat dengan menggunakan metode ilmiah, perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut, kecuali....
a. memilih masalah yang tepat untuk diteliti lebih lanjut
b. merumuskan hipotesis
c. mengumpulkan data-data yang terkait dengan permasalahan
d. berkoordinasi dengan pejabat terkait
e. mengolah dan menganalisa data
Jawaban: d
d. kekuatan Islam semakin kuat di Eropa
e. ilmu sosial lainnya gagal menyelesaikan masalah sosial
Jawaban: b
8. Perhatikan aspek-aspek sosial di bawah ini!
1) Struktur sosial
2) Organisasi sosial
3) Proses belajar
4) Problema sosial
5) Perubahan sosial
6) Pembangunan sosial
Menurut Selo Soemardjan, yang dipelajari oleh sosiologi adalah....
a. 1,2 dan 3
b. 2, 3, dan 4
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 2, dan 5
e. 1, 3 dan 5
Jawaban: d
9. Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang terikat oleh suatu tata cara (sistem), kebiasaan, atau adat istiadat tertentu yang dianut oleh anggota-anggotanya, ini pendapat dari....
a. J.L. Gillian dan J.P. Gillian
b. Koentjaraningrat
c. Selo Soemardjan
d. Soelaiman Soemardi
e. Pitrim A. Sorokin
Jawaban: b
10. Berikut ini adalah masalah mengenai makhluk manusia, kecuali....
a. masalah perkembangan manusia
b. masalah terjadinya aneka warna makhluk
c. masalah sejarah asal usul
d. masalah sosial atau problema sosial
e. masalah persebaran dan terjadinya aneka warna kebudyaan
Jawaban: d
11. Sebagai ilmu pengetahuan yang objeknya masyarakat, sosiologi memiliki beberapa kegunaan sebagai berikut, kecuali....
a. perencanaan sosial
b. pembangunan
c. penelitiaan
d. perencanaan pembangunan
e. pemecahan masalah sosial
Jawaban: b
12. Teknik atau metode kualitatif menurut Soerjono Soekanto adalah metode....
a. historis, komparatif, dan fungsional
b. deduktif-induktif, empiris, dan rasional
c. komparatif, studi kasus, dan studi deduktif-induktif
d. fungsional, empiris, dan rasional
e. historis, komparatif, dan studi kasus
Jawaban: e
13. Berikut ini yang bukan merupakan contoh penelitian sosiologi yang menggunakan metode statistik adalah....
a. hubungan antara kenakalan remaja dengan faktor keluarga broken home
b. timbul kecelakaan kerja selama tahun 2000-2001
c. kenakalan remaja dewasa ini
d. Jumlah peserta KB di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta
e. faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan narkoba di kalangan remaja
Jawaban: a
14. Berikut ini yang merupakan masalah sosial adalah....
a. panen tidak berhasil karena banjir
b. jembatan yang dipenuhi warga tiba-tiba ambruk
c. tabrakan beruntun di jalan tol
d. penemuan baru yang menggemparkan dunia
e. jumlah rakyat miskin yang terus bertambah
Jawaban: e
15. Dalam mempelajari masalah di masyarakat dengan menggunakan metode ilmiah, perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut, kecuali....
a. memilih masalah yang tepat untuk diteliti lebih lanjut
b. merumuskan hipotesis
c. mengumpulkan data-data yang terkait dengan permasalahan
d. berkoordinasi dengan pejabat terkait
e. mengolah dan menganalisa data
Jawaban: d
16. Apabila seseorang menggunakan sabun mandi yang mengandung sulfur (belerang) kulit akan menjadi sehat dan halus. Oleh karena itu, fungsi sabun mengandung nilai....
a. material
b. vital
c. kehendak
d. religi
e. estetika
Jawaban: b
17. Kehidupan di PBB dari tahun 1945 sampai sekarang mempunyai nilai....
a. sosial
b. ekonomi
c. jasmani
d. perserikatan
e. kebenaran
Jawaban: d
18. Nilai yang bersumber dari akal manusia disebut....
a. nilai vital
b. nilai moral
c. nilai kebenaran
d. nilai keindahan
e. nilai kerohanian
Jawaban: c
19. Pengertian nilai adalah....
a. pikiran yang benar atau salah dalam masyarakat
b. ukuran kegunaan atau manfaat dalam masyarakat
c. hasil yang diperoleh dari suatu kegiatan bersama
d. hal yang indah atau jelek dalam pandangan masyarakat
e. perasaan tentang apa yang diinginkan dan tidak diinginkan
Jawaban: a
20. Nilai sosial adalah pola-pola sikap dan tindakan menjadi acuan bagi individu dan masyarkaat. Pendapat ini dikemukakan oleh....
a. Charles
b. Koentjaraningrat
c. George Splinder
d. Kimbal Young
e. Green
Jawaban: c
a. material
b. vital
c. kehendak
d. religi
e. estetika
Jawaban: b
17. Kehidupan di PBB dari tahun 1945 sampai sekarang mempunyai nilai....
a. sosial
b. ekonomi
c. jasmani
d. perserikatan
e. kebenaran
Jawaban: d
18. Nilai yang bersumber dari akal manusia disebut....
a. nilai vital
b. nilai moral
c. nilai kebenaran
d. nilai keindahan
e. nilai kerohanian
Jawaban: c
19. Pengertian nilai adalah....
a. pikiran yang benar atau salah dalam masyarakat
b. ukuran kegunaan atau manfaat dalam masyarakat
c. hasil yang diperoleh dari suatu kegiatan bersama
d. hal yang indah atau jelek dalam pandangan masyarakat
e. perasaan tentang apa yang diinginkan dan tidak diinginkan
Jawaban: a
20. Nilai sosial adalah pola-pola sikap dan tindakan menjadi acuan bagi individu dan masyarkaat. Pendapat ini dikemukakan oleh....
a. Charles
b. Koentjaraningrat
c. George Splinder
d. Kimbal Young
e. Green
Jawaban: c
21. Menurut Woods, suatu nilai bersumber dari....
a. Tuhan dan manusia
b. kebiasaan masyarakat dan alam sekitar
c. Tuhan dan kebiasaan masyarakat
d. a dan b benar
e. salah semua
Jawaban: c
22. Di bawah ini yang bukan merupakan ukuran yang digunakan untuk menentukan dominan tidaknya suatu nilai adalah....
a. banyaknya anggota masyarakat penganut nilai
b. lamanya nilai yang dirasakan anggota masyarakat
c. status sosial orang yang membawakan nilai
d. bentuk atau wujud nilai yang berlaku
e. tujuan yang ingin dicapai
Jawaban: d
23. Nilai vital adalah....
a. nilai yang bersumber pada manusia
b. nilai yang bersumber pada kemauan
c. segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk mengadakan kegiatan
d. nilai religius, nilai kebenaran, dan nilai material
e. nilai keindahan, nilai kerohanian, dan nilai material
Jawaban: c
24. Nilai dapat diartikan sebagai cita-cita karena nilai merupakan....
a. moral dan keyakinan bersama
b. sarana untuk mencapai tujuan
c. harapan untuk berhasil
d. tindakan sosial
e. tujuan yang ingin dicapai
Jawaban: c
25. Perkembangan sekaligus pemantapan nilai sehingga dapat mencapai bentuk yang ideal akan menjadi....
a. pranata sosial
b. kelompok sosial
c. norma sosial
d. nilai budaya
e. struktur sosial
Jawaban: a
a. Tuhan dan manusia
b. kebiasaan masyarakat dan alam sekitar
c. Tuhan dan kebiasaan masyarakat
d. a dan b benar
e. salah semua
Jawaban: c
22. Di bawah ini yang bukan merupakan ukuran yang digunakan untuk menentukan dominan tidaknya suatu nilai adalah....
a. banyaknya anggota masyarakat penganut nilai
b. lamanya nilai yang dirasakan anggota masyarakat
c. status sosial orang yang membawakan nilai
d. bentuk atau wujud nilai yang berlaku
e. tujuan yang ingin dicapai
Jawaban: d
23. Nilai vital adalah....
a. nilai yang bersumber pada manusia
b. nilai yang bersumber pada kemauan
c. segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk mengadakan kegiatan
d. nilai religius, nilai kebenaran, dan nilai material
e. nilai keindahan, nilai kerohanian, dan nilai material
Jawaban: c
24. Nilai dapat diartikan sebagai cita-cita karena nilai merupakan....
a. moral dan keyakinan bersama
b. sarana untuk mencapai tujuan
c. harapan untuk berhasil
d. tindakan sosial
e. tujuan yang ingin dicapai
Jawaban: c
25. Perkembangan sekaligus pemantapan nilai sehingga dapat mencapai bentuk yang ideal akan menjadi....
a. pranata sosial
b. kelompok sosial
c. norma sosial
d. nilai budaya
e. struktur sosial
Jawaban: a
26. Nilai yang menjadi bentuk pentunjuk umum yang telah berlangsung lama dan berguna untuk mengarahkan tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari disebut nilai....
a. nominal
b. individual
c. sosial
d. etnis
e. abstrak
Jawaban: c
27. Nilai yang menghasilkan sesuatu yang dapat dirasakan hasilnya oleh pancaindra dinamakan nilai....
a. kepribadian
b. kenikmatan
c. kegunaan
d. yang berdiri sendiri
e. yang tidak berdiri sendiri
Jawaban: c
28. Nilai sosial yang mutlak bagi manusia adalah nilai...
a. material
b. vital
c. kebenaran
d. keindahan
e. religius
Jawaban: e
29. Ukuran patokan yang diyakini dan menjadi panutan orang banyak dalam masyarakat disebut....
a. norma
b. nilai
c. kehendak
d. hukum
e. estetika
Jawaban: b
30. Konsep di bawah ini dapat diartikan sebagai nilai sosial, kecuali....
a. ukuran
b. patokan
c. nafsu
d. keinginan
e. anggapan
Jawaban: c
31. Pancasila merupakan dasar dan pandangan hidup bangsa yang mengandung nilai budaya. Hal ini memiliki arti bahwa Pancasila merupakan....
a. falsafah hidup bangsa
b. dasar kehidupan sosial
c. kristalisasi nilai budaya bangsa
d. tujuan hidup bangsa
e. sumber hukum bangsa
a. nominal
b. individual
c. sosial
d. etnis
e. abstrak
Jawaban: c
27. Nilai yang menghasilkan sesuatu yang dapat dirasakan hasilnya oleh pancaindra dinamakan nilai....
a. kepribadian
b. kenikmatan
c. kegunaan
d. yang berdiri sendiri
e. yang tidak berdiri sendiri
Jawaban: c
28. Nilai sosial yang mutlak bagi manusia adalah nilai...
a. material
b. vital
c. kebenaran
d. keindahan
e. religius
Jawaban: e
29. Ukuran patokan yang diyakini dan menjadi panutan orang banyak dalam masyarakat disebut....
a. norma
b. nilai
c. kehendak
d. hukum
e. estetika
Jawaban: b
30. Konsep di bawah ini dapat diartikan sebagai nilai sosial, kecuali....
a. ukuran
b. patokan
c. nafsu
d. keinginan
e. anggapan
Jawaban: c
31. Pancasila merupakan dasar dan pandangan hidup bangsa yang mengandung nilai budaya. Hal ini memiliki arti bahwa Pancasila merupakan....
a. falsafah hidup bangsa
b. dasar kehidupan sosial
c. kristalisasi nilai budaya bangsa
d. tujuan hidup bangsa
e. sumber hukum bangsa
Jawaban: c
32. Di bawah ini yang merupakan contoh nilai adalah....
a. dilarang merokok
b. datang tepat waktu
c. gotong royong
d. ke sekolah memakai seragam
e. dilarang meludah sembarangan
Jawaban: c
33. Bagi keutuhan masyarakat, fungsi nilai sosial adalah....
a. menolong solidaritas kelompok
b. memberi batas pada kelakuan manusia
c. mengidentifikasi individu dengan kelompok
d. menjaga interaksi antaranggota masyarakat
e. alat untuk mengetahui sifat-sifat setiap individu
Jawaban: b
34. Kalimat berikut ini sesuai dengan pengertian norma, yaitu....
a. aturan perilaku yang dibuat untuk memelihara keseimbangan sosial
b. aturan perilaku yang dibuat semata-mata hanya untuk sebuah sanksi
c. perbuatan-perbuatan yang merupakan pola umum masyarakat
d. perbuatan-perbuatan yang diulang-ulang karena dianggap baik dan benar
e. batas-batas kelakuan individu dalam masyarakat yang dikehendaki
Jawaban: e
35. Norma sosial merupakan aturan-aturan yang disertai sanksi dan berfungsi....
a. memberi berbagai macam sanksi terhadap individu
b. memberi batasan berperilaku bagi setiap individu
c. mengembangkan kepribadian individu
d. menetapkan harkat sosial individu
e. memenuhi peran sosialnya sebagai individu
Jawaban: b
36. Aturan norma dan nilai sangat erat kaitannya satu sama lain sebab....
a. norma diperlukan sebagai pendukung nilai-nilai
b. norma diperlukan dalam keberhasilan nilai sosial
c. nilai dan norma memiliki sifat berlawanan
d. nilai dan norma sama
e. nilai lebih penting daripada norma
Jawaban: b
37. Salah satu contoh adanya norma hukum yang ada di dalam masyarakat Indonesia adalah....
a. membayar pajak tepat waktu
b. mengadakan selamatan sebelum mendirikan rumah
c. minta permisi jika lewat di depan orang banyak
d. makan dengan tangan kanan
e. diadakannya upacara kelahiran ketika ada anak lahir
Jawaban: a
38. Pengertian dari kebiasaan (folkways) adalah....
a. perbuatan yang dipaksakan kepada seluruh warga masyarakat
b. bentuk perbuatan yang menentukan cara hidup masyarakat
c. perbuatan yang diulang karena dianggap baik oleh masyarakat
d. perbuatan atau tindakan yang betul-betul berguna bagi masyarakat
e. batas-batas tingkah laku yang dapat melanggengkan tata kelakuan seseorang
Jawaban: c
39. Tata kelakuan yang bersifat relatif langgeng dan kuat integrasinya dalam pola-pola perilaku masyarakat disebut….
a. cara atau usage
b. hukum atau laws
c. kebiasaan atau folkways
d. adat istiadat atau custom
a. norma diperlukan sebagai pendukung nilai-nilai
b. norma diperlukan dalam keberhasilan nilai sosial
c. nilai dan norma memiliki sifat berlawanan
d. nilai dan norma sama
e. nilai lebih penting daripada norma
Jawaban: b
37. Salah satu contoh adanya norma hukum yang ada di dalam masyarakat Indonesia adalah....
a. membayar pajak tepat waktu
b. mengadakan selamatan sebelum mendirikan rumah
c. minta permisi jika lewat di depan orang banyak
d. makan dengan tangan kanan
e. diadakannya upacara kelahiran ketika ada anak lahir
Jawaban: a
38. Pengertian dari kebiasaan (folkways) adalah....
a. perbuatan yang dipaksakan kepada seluruh warga masyarakat
b. bentuk perbuatan yang menentukan cara hidup masyarakat
c. perbuatan yang diulang karena dianggap baik oleh masyarakat
d. perbuatan atau tindakan yang betul-betul berguna bagi masyarakat
e. batas-batas tingkah laku yang dapat melanggengkan tata kelakuan seseorang
Jawaban: c
39. Tata kelakuan yang bersifat relatif langgeng dan kuat integrasinya dalam pola-pola perilaku masyarakat disebut….
a. cara atau usage
b. hukum atau laws
c. kebiasaan atau folkways
d. adat istiadat atau custom
e. tata kelakuan atau mores
Jawaban: d
40. Siswa-siswi SMA dilarang menggunakan pakaian seragam yang ketat, dan rok harus menutupi tempurung lutut. Hal ini termasuk dalam salah satu jenis norma….
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. kebiasaan
e. hukum
Jawaban: c
41. Pelanggaran terhadap pembagian waris, pelanggaran terhadap tata cara upacara tradisional merupakan pelanggaran terhadap….
a. cara
b. kebiasaan
c. mores
d. fashion
e. adat istiadat
Jawaban: e
42. Perhatikan ciri-ciri norma berikut!
1) Bersifat mengharuskan
2) Hukuman bagi pelanggar sekadar celaan
3) Sanksinya berat, misalnya diusir dari desa
4) Perbuatan yang diulang-ulang dalam bentuk sama
5) Sebagai tata kelakuan yang kekal
Di antara alternatif di atas, yang merupakan ciri-ciri norma adalah….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 1 dan 4
d. 1 dan 3
e. 3 dan 5
Jawaban: e
43. Dilihat dari sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya, norma yang paling berat sanksinya adalah norma….
a. agama
b. hukum
c. kesopanan
d. kebiasaan
e. kesusilaan
Jawaban: b
44. Norma yang paling kuat mengikat adalah norma….
a. agama
b. hukum
c. kesopanan
d. kebiasaan
e. kesusilaan
Jawaban: b
45. Suatu bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam masyarakat tetapi secara terus-menerus disebut….
a. cara
b. kebiasaan
c. tata kelakuan
d. adat istiadat
e. kecenderungan
Jawaban: b
Jawaban: d
40. Siswa-siswi SMA dilarang menggunakan pakaian seragam yang ketat, dan rok harus menutupi tempurung lutut. Hal ini termasuk dalam salah satu jenis norma….
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. kebiasaan
e. hukum
Jawaban: c
41. Pelanggaran terhadap pembagian waris, pelanggaran terhadap tata cara upacara tradisional merupakan pelanggaran terhadap….
a. cara
b. kebiasaan
c. mores
d. fashion
e. adat istiadat
Jawaban: e
42. Perhatikan ciri-ciri norma berikut!
1) Bersifat mengharuskan
2) Hukuman bagi pelanggar sekadar celaan
3) Sanksinya berat, misalnya diusir dari desa
4) Perbuatan yang diulang-ulang dalam bentuk sama
5) Sebagai tata kelakuan yang kekal
Di antara alternatif di atas, yang merupakan ciri-ciri norma adalah….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 1 dan 4
d. 1 dan 3
e. 3 dan 5
Jawaban: e
43. Dilihat dari sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya, norma yang paling berat sanksinya adalah norma….
a. agama
b. hukum
c. kesopanan
d. kebiasaan
e. kesusilaan
Jawaban: b
44. Norma yang paling kuat mengikat adalah norma….
a. agama
b. hukum
c. kesopanan
d. kebiasaan
e. kesusilaan
Jawaban: b
45. Suatu bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam masyarakat tetapi secara terus-menerus disebut….
a. cara
b. kebiasaan
c. tata kelakuan
d. adat istiadat
e. kecenderungan
Jawaban: b
Tidak ada komentar:
Posting Komentar